The Role of Film as an Alternative Media in the Learning Process
Abstract
Abstract
The research intended to see a film become an alternative media in the learning process. Film that are commonly considered as entertainment media, turns out it has the potential to be a source of learning because there are some messages or values that are useful in the development of human coginitive. Research data obtained from documents like thesis as primary data. Data analysis uses discourse analysis method to find out the influence of film as an alternative media in the learning process. The ideas in this article are described descriptively, based on the studies that have been done, seeing the relationship between the film and the learning process.
Keywords: Film, Education, Sociology of Education
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat film menjadi media alternatif dalam proses pembelajaran. Film yang biasa dianggap sebagai media hiburan, ternyata berpotensi menjadi sumber belajar karena terdapat beberapa pesan atau nilai yang bermanfaat dalam perkembangan kognitif manusia. Data penelitian diperoleh dari dokumen-dokumen seperti skripsi sebagai data primer. Analisis data menggunakan metode analisis wacana untuk mengetahui pengaruh film sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran. Ide-ide dalam artikel ini dijelaskan secara deskriptif, berdasarkan studi yang telah dilakukan, melihat hubungan antara film dan proses pembelajaran.
Kata kunci: Film, Pendidikan, Sosiologi Pendidikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Compoundila, Gerzon R. 2008. Documentary From Idea to Production. Jakarta: FFTV-IKJ Press.
Afifuddin. 2009. Qualitative Research Methodology. Bandung: Pustaka Setia.
Agustian, Teguh, Basuki Wibowo, and Eka Jaya Putra Utama. 2021. "Penguatan Pemahaman Teknik Penelitian Sejarah menggunakan Media Film pada Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sejarah." Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1) (2021): 66-72.
Alfian, A., and M. V. I. Herdjiono. 2019. "The Application of Documentary Film in Improving Student Interest: An Alternative for Environmental Education." IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. Vol. 343. No. 1. IOP Publishing.
Asri, Rahman. 2020. "Membaca Film sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)”." Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial 1(2): 74-86.
Dewi, Dewi Maryanti. 2021. "Nilai-Nilai Religius dalam Film Animasi Nussa dan Rara sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sastra di SD." Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4(3): 177-186.
Fakhrurozi, Jafar, and Qadhli Jafar Adrian. 2020. "Ekranisasi Cerpen ke Film Pendek: Alternatif Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi." Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1).
Hanafiah, Wardah. 2019. "Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Media Film." Epigram 16(2): 149-158.
Herlina, Lina. 2020. "Efektivitas Penggunaan Film dalam Mengajar Pronunciation." Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan) 2(2): 1-9.
Manurung, Elvy Maria, Sukawarsini Djelantik, and Indraswari Indraswari. 2019. "Film Sebagai Media Edukasi: Peningkatan Kesadaran Masyarakat Tentang Kebersihan Lingkungan." Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 2: 131-137.
Muhlas, Muhammad. 2016. Islamic Education Values in the Film Hajj Backpacker. Essay. FTIK, Islamic Religious Education. State Islamic Institute, Salatiga.
Oktivianto, Orchidta Ikhwani, Hudaidah Hudaidah, and Alian Alian. 2018. "Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang." JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik 3(2): 113-118.
Paxton, Richard J., and Alan S. Marcus. 2018. "Film Media in History Teaching and Learning." The Wiley international handbook of history teaching and learning: 579-601.
Puspitarini, Lisa Dyah Ajeng. 2016. Increasing Listening Skills through Film Media Anmasi on Indonesian Language Subjects for Class V Tunalaras at SLB E Prawuyana Yogyakarta. Thesis. FIP, Yoyakarta State University, Yogyakarta.
Putri, Ruqiah Ganda, Titin Titin, and Rahmat Santoso. 2019. "Film dokumenter pemanfaatan tumbuhan berkhasiat obat sebagai media pembelajaran materi sistem pencernaan." Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 7(2): 121-131.
Rikarno, Riki. 2015. Documentary Films as Student Learning Resources. Journal of Art Expression, 17(1), pp. 129-149.
Rindawati, Try, Lily Thamrin, and Lusi Lusi. 2022. "Penggunaan Media Audio Visual Film Kartun dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa SD LKIA." Jurnal Tunas Bangsa 9(1): 1-10.
Saragi, Rulli, Feni Susana Eky, and Ariance Ana Lasibey. 2021. "Improving Writing Skills by Using Guided Questioning Techniques Through Film Media." International Conference on Applied Science and Technology on Social Science (ICAST-SS 2020). Atlantis Press.
Sasongko, Anggun Putri. Film Contribution to Education. https://www.anotasi.com/kontribution-film-untuk-pendidikan/. Retrieved January 15 2021 at 10.00 WIB.
Saufi, Indra Arif Maulana, and M. A. Rizka. 2021. "Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter terhadap Motivasi Belajar Siswa." Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran 6(1): 55-59.
Saufi, Indra Arif Maulana, and M. A. Rizka. 2021. "Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter terhadap Motivasi Belajar Siswa." Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran 6(1): 55-59.
Simarmata, Mai Yuliastri, et al. 2019. "Media Film sebagai Sarana Pembelajaran Literasi di SMA Wisuda Pontianak." GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 3(1): 88-101.
Soelistiowati, Eni, Sujinah Sujinah, and Ali Nuke Affandy. 2018. "Film Zootopia: Alternatif Media dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas 8 SMP Negeri 22 Surabaya." Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 2(2): 82-93.
Tohirin. 2013. Qualitative Research Methods in Education and Counseling Guidance. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Widiani, Lusiana Surya, Wawan Darmawan, and Tarunasena Ma'mur. 2018. "Penerapan Media Film sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah." Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah 7(1) (2018).
Zaidah, Vina Misykah. 2022. "Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Film dalam Pengajaran Bahasa Inggris MA Wathoniyah Islamiyah Kemranjen Banyumas." Collase (Creative of Learning Students Elementary Education) 5.1 (2022): 120-125.
Zaitun, 2016. Sociology of Education Theory and Its Application. Pekanbaru: Educational Creations.
DOI: https://doi.org/10.37950/ijd.v4i1.216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Journal of Demos (IJD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.