The Role of Parents in Improving Children's Pedagogical Aspects of Online Learning: A Sociological Study

Lasmaria Nami Simanungkalit, Iham Arief, Pipit Aprilia Susanti, Irwandi Irwandi

Abstract


Abstract

This paper reveals the role of parents in their children's learning through systems in the network in a covid pandemic 19. The purpose of this study is that the purpose of this study is to determine what roles and contributions have been made and can be done when their children carry out online learning activities. In addition, this research can also describe what is being faced by parents in the midst of a covid-19 pandemic in accompanying their children. The approach and method used in this study uses a qualitative approach with descriptive methods. The findings obtained include the fact that parents face directly when accompanying their children to implement a learning system in the network, the child's response in learning in the network and the analysis of researchers using the theory of sociology. This study concludes the family in mentoring online learning in the covid-19 pandemic as the main spearhead in carrying out a role in encouraging children's enthusiasm for learning.

Keywords: Roles, Parents, Online Learning,Technology, Covid 19, Education.

 

Abstrak

Tulisan ini mengungkap peran orang tua dalam pembelajaran anaknya melalui sistem dalam jaringan di masa pandemi covid 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan kontribusi apa saja yang telah dilakukan dan dapat dilakukan ketika anak anak-anak melakukan kegiatan belajar online. Selain itu, penelitian ini juga dapat mendeskripsikan apa yang sedang dihadapi orang tua di tengah pandemi covid-19 dalam mendampingi anaknya. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Temuan yang diperoleh antara lain fakta bahwa orang tua berhadapan langsung saat mendampingi anaknya menerapkan sistem pembelajaran dalam jaringan, respon anak dalam pembelajaran dalam jaringan dan analisis peneliti menggunakan teori sosiologi. Penelitian ini menyimpulkan keluarga dalam pendampingan pembelajaran online di masa pandemi covid-19 sebagai ujung tombak utama dalam menjalankan peran dalam mendorong semangat belajar anak.

Kata kunci: Peran, Orang Tua, Pembelajaran Daring, Teknologi, Covid 19, Pendidikan.


Keywords


Roles, Parents, Online Learning,Technology, Covid 19, Education.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A., Salehudin, M., Yatun, S., Komariah, D. L., Aminda, N. E. R., Hidayati, P., ... & Yani, Y. (2021). Persepsi Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 60-75.

Aslinda, C. (2022). The Komunikasi Interpersonal dalam Membangun Optimisme dan Semangat Belajar di Masa Pandemi. Jurnal Mediam, 1(1), 6-9.

Asmoro, B. T., Faridah, L., & Dwinugraha, A. P. (2021). Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik melalui Teknologi Digital dalam Proses Belajar Mengajar pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Karta Rahardja: Jurnal Pembangunan dan Inovasi, 3(1), 1-8.

Brodin, J., & Renblad, K. (2020). Improvement of Preschool Children’s Speech and Language Skills. Early Child Development and Care, 190(14), 2205-2213.

Dahlan, S., Sari, R., & Mansor, R. (2019). Kompetensi Pedagogik: Sebuah Tinjauan tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Matematika SD. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 9-18.

Emelyanova, I. A., Borisova, E. A., Shapovalova, O. E., Karynbaeva, O. V., & Vorotilkina, I. M. (2018). Particularities of Speech Readiness for Schooling in Pre-School Children Having General Speech Underdevelopment: A Social and Pedagogical Aspect. Journal of Social Studies Education Research, 9(1), 89-105.

Eunike, P., & Putrawan, B. K. (2021). Kajian Pedagogis Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid 19: Studi Kasus Siswa SMK Harapan Bagi Bangsa, Jakarta Utara. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 32-44.

Flórez-Aristizábal, L., Cano, S., Collazos, C. A., Solano, A. F., & Brewster, S. (2019, May). Designability: Framework for the Design of Accessible Interactive Tools to Support Teaching to Children with Disabilities. In Proceedings of the 2019 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 1-16).

Hadis, A., Rosyidi, D., & Ponijo, P. Analisis Sikap Orangtua dan Guru terhadap Sistem Pembelajaran Daring di Era Covid-19 untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di SLBN 1 Makassar (Perspektif Pedagogis, Psikologis, dan Sosiologis). In Seminar Nasional LP2M UNM.

Herlambang, Y. T., Abidin, Y., Irianto, D. M., Yuniarti, Y., Kuswanto, K., Setiawan, D., ... & Hendrawan, B. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Membangun Desain Pembelajaran Online dengan Memanfaatkan Multiplatform: Sebuah Gerakan Literasi Digital. Massagi: Masyarakat Multiliterasi Pedagogi, 1(1), 1-8.

Lazar, F. L., Bosco, F., & Hamun, Y. (2022). Peran Orang Tua dalam Bimbingan Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19 Di SDK St. Maria Ruteng. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(2, Oktober), 236-248.

Lee-Hammond, L., & Bjervås, L. L. (2021). Pedagogical Documentation and Systematic Quality Work in Early Childhood: Comparing Practices in Western Australia and Sweden. Contemporary Issues in Early Childhood, 22(2), 156-170.

Muflikah, A., Noor, E. T., & Mustofa, T. (2021). Peranan Orang Tua Siswa dalam Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Masa Panemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kualitatif di SDN Cariu 01 Kabupaten Bogor). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 535-543.

Pöntinen, S., & Räty-Záborszky, S. (2020). Pedagogical Aspects to Support Students’ Evolving Digital Competence at School. European Early Childhood Education Research Journal, 28(2), 182-196.

Rahman, P. S., Amalia, A. R., & Uswatun, D. A. (2022). Analisis Keterlibatan Orang Tua dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Janacitta, 5(1).

Ramdhanika, A., & Darkam, D. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Penilaian Berbasis Daring (Online). Jurnal Lensa Pendas, 6(1), 1-10.

Simanjuntak, S. Y., & Kismartini, K. (2020). Respon Pendidikan Dasar terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 308-316.

Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(2), 188-195.

Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201-2210.

Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201-2210.

Yuniarti, Y., Mulyati, T., Abidin, Y., Herlambang, Y. T., & Yusron, E. (2021). Eksplorasi Pembelajaran Matematika secara Daring dalam Dimensi Pedagogik. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 856-871.




DOI: https://doi.org/10.37950/ijd.v4i1.235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View my State

 

International Journal of Demos (IJD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.