Implementation of the Public Sector New Normal Policy in The Post-COVID-19 Period

Muhadam Labolo

Abstract


Abstract

The pandemic that continues to sweep several parts of the world, including Indonesia, has pushed the government to immediately innovate and reform legislation, as well as improve public services for the benefit of the larger population. The government should be able to transform or at least shift the governance paradigm that affects bureaucracy and public policy in the New Normal age. As a result, the purpose of this research is to examine the implementation and direction of government policies, particularly during the pandemic and new normal. This study employs a qualitative approach combined with a descriptive-analytic approach. According to the findings of the survey, the pandemic has produced uncertainty in practically all people's lives, whether social, economic, or health-related. The new normal policy eventually resulted in the necessity for new public services. The transition time is an opportunity to adapt and reset outdated public services to new ones. During the new normal, the government implements several alternative solutions to public services, such as changing policy perspectives, allowing for more community involvement, simplifying the preparation of public services—policies, and finally reforming the bureaucracy with reform 4.0, which is more adaptable to the new normal.

Keywords: Implementation, Public Policy, Government, COVID-19, New Normal.

 

Abstrak

Pandemi yang melanda di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, mendorong pemerintah untuk segera melakukan inovasi dan pembenahan peraturan perundang-undangan, serta meningkatkan pelayanan publik untuk kepentingan masyarakat luas. Pemerintah harus mampu mentransformasi atau setidaknya menggeser paradigma governance yang mempengaruhi birokrasi dan kebijakan publik di era New Normal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi dan arah kebijakan pemerintah, khususnya pada masa pandemi dan new normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dipadukan dengan pendekatan deskriptif-analitik. Menurut temuan survei, pandemi telah menghasilkan ketidakpastian di hampir semua kehidupan masyarakat, baik sosial, ekonomi, maupun terkait kesehatan. Kebijakan new normal pada akhirnya melahirkan kebutuhan akan pelayanan publik yang baru. Masa transisi adalah kesempatan untuk mengadaptasi dan mengatur ulang layanan publik yang lama ke yang baru. Dalam era new normal, pemerintah menerapkan beberapa alternatif solusi pelayanan publik, seperti mengubah cara pandang kebijakan, lebih banyak melibatkan masyarakat, menyederhanakan penyusunan kebijakan—pelayanan publik, dan terakhir melakukan reformasi birokrasi dengan reformasi 4.0 yang lebih adaptif terhadap normal baru.

Kata kunci: Implementasi, Kebijakan Publik, Pemerintah, COVID-19, New Normal.


Keywords


Implementation, Public Policy, Government, COVID-19, New Normal.

Full Text:

PDF

References


Afni, R. C. M. (2020). Transparansi Kebijakan Publik sebagai Strategi Nasional dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 439-454.

Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(2), 253-270.

Atmojo, M. E., Fridayani, H. D., & Pratiwi, V. P. (2021). Analisis Studi Komparasi Penyelenggaraan Inovasi Pelayanan Publik Di Era New Normal. Jurnal Transformasi Administrasi, 11(02), 109-122.

Buchari, R. A., & Nurcahya, E. (2021). PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITALISASI PADA ERA NEW NORMAL DI KELURAHAN KEBON BARU KOTA CIREBON. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 2(1), 56-60.

Dewi, D. S., & Tobing, T. N. W. (2021). Optimalisasi Penyelenggaran Pelayanan Publik Dalam Masa Perubahan Melawan Covid-19 Di Indonesia. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(1), 210-214.

Haryati, E., & Ferriswara, D. (2020, November). Kebijakan Responsif Sebagai Instrumen Transformasi Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 259-270).

Juaningsih, I. N., Consuello, Y., Tarmidzi, A., & NurIrfan, D. (2020). Optimalisasi Kebijakan Pemerintah dalam penanganan Covid-19 terhadap Masyarakat Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(6), 509-518.

Kariem, M. Q. A. (2020). Konsepsi Kebijakan Pemerintah Di Era New Normal. TheJournalish: Social and Government, 1(2), 76-80.

Lumbanraja, A. D. (2020). Urgensi Transformasi Pelayanan Publik melalui E-Government Pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 220-231.

Mokodongan, V. S. (2021). Kebijakan Pemerintah dalam penerapan new normal pasca PSBB akibat wabah pandemi Covid-19. Lex Administratum, 9(4).

Mulyadi, M. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Penanganan Penyebaran Covid-19. Info Singkat, 12(8), 13-18.

Muzdalifah, L., Novie, M., & Zaqiyah, S. (2020, October). Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital di Era Pandemi Covid 19 dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 4, pp. 2200-2208).

Noor, M. (2020). Transformasi dan Tantangan dalam Urusan Publik di Era New Normal. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 17(2), 40-60.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Rizqya, S. N. (2021). Dampak kebijakan Publik Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terhadap Hak konstitusional warga negara saat krisis Pandemi COVID-19 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Salam, R. (2021). Perubahan dan inovasi pelayanan publik di era new normal pandemi covid-19. Journal of Public Administration and Government, 3(1), 28-36.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Sutrisna, I. W. (2021). Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Inovatif di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 4(2), 21-29.

Taufik, T., & Hardi, W. (2020). Birokrasi baru untuk new normal: tinjauan model perubahan birokrasi dalam pelayanan publik di era Covid-19. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik.

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384-388.




DOI: https://doi.org/10.37950/ijd.v4i2.248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View my State

 

International Journal of Demos (IJD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.