Internalisasi Moderasi Beragama Perspektif Islam dalam Dunia Pendidikan: Sebuah Analisis Relevansi Pendidikan dengan Pembangunan Karakter Beragama Peserta Didik

Muchlis Bahar

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to analyze the internalization of religious moderation in the world of education in order to create harmonious social conditions for the development of the religious character of students. This research uses qualitative research with descriptive analysis approach. The type of data in this study is secondary data obtained using the literature study method. Presentation of results and discussion in this study using qualitative methods. Based on the results of the analysis and debate, it can be stated that there are two ways that may be employed in internalizing the idea of religious moderation in education, namely the religious approach and the Pancasila approach because both have significance to each other. It is hoped that with the moderation of religion that is developed in the world of education, it will shape the character of students who are more developed, not anti-developmental and different, which in the next stage will form social harmony and accelerate national development in various strategic sectors.

Keywords: Internalization, Education, Religious Moderation, Character.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis internalisasi moderasi beragama dalam dunia pendidikan guna menciptakan kondisi sosial yang harmonis demi pembanguan karakter beragama peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapat menggunakan metode studi literatur. Penyajian hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua cara pendekatan yang dapat digunakan dalam menginternalisasi ide moderasi beragama dalam dunia pendidikan, yaitu pendekatan agama dan pendekatan Pancasila karena keduanya memiliki relevansi satu sama lain. Diharapkan dengan adanya moderasi agama yang dikembangkan dalam dunia pendidikan akan membentuk karakter siswa yang lebih berkembang, tidak anti perkembangan dan perbedaan, yang pada tahap selanjutnya akan membentuk sosial yang harmonis dan mempercepat pembangunan nasional dalam berbagai sektor strategis.

Kata Kunci: Internalisasi, Pendidikan, Moderasi Beragama, Karakter.


Keywords


Internalization, Education, Religious Moderation, Character.

Full Text:

PDF

References


Abror, M. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143-155.

Agbedahin, A. V. (2019). Sustainable Development, Education for Sustainable Development, and the 2030 Agenda for Sustainable Development: Emergence, efficacy, eminence, and Future. Sustainable Development, 27(4), 669-680.

Al Faruq, U., & Noviani, D. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama sebagai Perisai Radikalisme di Lembaga Pendidikan. Jurnal Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 59-77.

Amrullah, M. K., & Islamy, M. I. (2021). Moderasi Beragama: Penanaman pada Lembaga Pendidikan Formal dan Nonformal. Nizham Journal of Islamic Studies, 9(02), 57-69.

Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(2), 676-687.

Baehaqi, M. A. (2022). Pesantren Gen-Z: Re-Aksentuasi Nilai Moderasi Beragama pada Lembaga Pendidikan. Deepublish.

Bessa, C., Hastie, P., Araújo, R., & Mesquita, I. (2019). What Do We Know about the Development of Personal and Social Skills within the Sport Education Model: A Systematic Review. Journal of Sports Science & Medicine, 18(4), 812.

Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(1), 54-65.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95-100.

Fauzian, R., Ramdani, P., & Yudiyanto, M. (2021). Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membentuk Sikap Moderat Siswa Madrasah: Moderasi Beragama. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 6(1), 1-14.

Guo, L., Huang, J., & Zhang, Y. (2019). Education Development in China: Education Return, Quality, and Equity. Sustainability, 11(13), 3750.

Haryani, E. (2020). Pendidikan Moderasi Beragama untuk Generasi Milenia: Studi Kasus Lone Wolf” pada Anak di Medan. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(2), 145-158.

Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1-22.

Hidayah, N. (2022). Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Swasta Berbasis Moderasi Beragama. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).

Hiqmatunnisa, H., & Zafi, A. A. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam dalam Pembelajaran Fiqih di PTKIN Menggunakan Konsep Problem Basic Learning. Jipis, 29(1), 27-35.

Islam, K. N. (2020). Moderasi Beragama di Tengah Pluralitas Bangsa: Tinjauan Revolusi Mental Perspektif Al-Qur’an. Kuriositas: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 13(1).

Junaedi, E. (2019). Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kemenag. Harmoni, 18(2), 182-186.

Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113-118.

Khotimah, H. (2020). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pesantren. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 62-68.

Liando, M. R., & Hadirman, H. (2022). Praktik Kultur Moderasi Beragama dalam Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Studi di SMA Muhammadiyah Manado). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 379-392.

Meilani, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9247-9258.

Santos, G., Marques, C. S., Justino, E., & Mendes, L. (2020). Understanding Social Responsibility’s Influence on Service Quality and Student Satisfaction in Higher Education. Journal of Cleaner Production, 256, 120597.

Shaeffer, S. (2019). Inclusive Education: A Prerequisite for Equity and Social Justice. Asia Pacific Education Review, 20(2), 181-192.

Shihab, M. Q. (2019). Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Lentera Hati Group.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323-348.




DOI: https://doi.org/10.37950/ijd.v4i2.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View my State

 

International Journal of Demos (IJD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.