Utilization of Information and Communication Technology as Arabic Learning Media

Faizal Pikri

Abstract


Abstract

The problem of learning Arabic in various educational institutions, the teaching staff allows for the modification of teaching and learning methods. Understanding expressions and grammar is also a challenge for students because they cannot master the language in a short period of time and find what is spoken to be very boring. This can be accomplished through the advancement of technology, which contains a wealth of information that can be used to improve learning outcomes. The purpose of this study is to discuss the role of technology in the alignment and sustainability of Arabic learning, as well as whether information and communication technology as a learning medium can increase students' interest in learning Arabic. The qualitative descriptive method is used in this paper to answer some of the questions raised above. The study's findings indicate that learning media plays a critical role in increasing students' motivation to learn in order to avoid boredom. Through the internet, interactive CDs, and Arabic E-Learning Programs, information and communication technology can be used as a learning medium.

Keywords: Information and Communication Technology, Learning, Arabic.

 

Abstrak

Masalah pembelajaran bahasa Arab di berbagai lembaga pendidikan, tenaga pengajar memungkinkan adanya modifikasi metode belajar mengajar. Memahami ekspresi dan tata bahasa juga merupakan tantangan bagi siswa karena mereka tidak dapat menguasai bahasa dalam waktu singkat dan menganggap apa yang diucapkan sangat membosankan. Hal ini dapat dicapai melalui kemajuan teknologi yang mengandung banyak informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas peran teknologi dalam penyelarasan dan keberlanjutan pembelajaran bahasa Arab, serta apakah teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam makalah ini untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan di atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa agar tidak terjadi kebosanan. Melalui internet, CD interaktif, dan Program E-Learning Bahasa Arab, teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran, Bahasa Arab.


Keywords


Information and Communication Technology, Learning, Arabic.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.

Asmani, J. M. M. (2011). Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Azhari, A. (2015). Peran media pendidikan dalam meningkatkan kemampuan bahasa arab siswa madrasah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 43-60.

Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117-136.

Furoidah, A. (2020). Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63-77.

Haniah, H. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dalam mengatasi masalah belajar bahasa Arab. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 2(1).

Haris, M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 90-103.

Kurniyat, E. (2018). Memahami dikotomi dan dualisme pendidikan di Indonesia. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 14(1).

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105.

Muslikhah, U. (2017). Pengaruh sumber belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar siswa kelas 4 dan 5 MI Ma'arif Sabilul Muttaqin Nambak Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.

Prayitno, E., Kurniawati, D., & Arvianto, I. R. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. In Seminar Nasional Call For Paper & Pengabdian masyarakat (Vol. 1, No. 01).

Rani, S. A. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. AT-TA'DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 163-177.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi teknologi informasi dan komunikasi guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Teknodik, 165-176.

Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75-99.

Sa'dudin, I., & Safitri, E. (2019). Perkembangan Konsep Pendidikan Bahasa Arab di Asia Tenggara. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 177-191.

Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Wahyuperdana, D. (2021). Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK (Elektronik, Internet dan Android). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Zainuri, M. (2019). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Tarling: Journal of Language Education, 2(2), 231-248.




DOI: https://doi.org/10.37950/ijd.v4i2.288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View my State

 

International Journal of Demos (IJD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.