Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Kota Mataram

Arina Amalia Prihartini, Siti Rohana Hariana Intiana, Syaiful Musaddat

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di kota Mataram. Baik implementasi pada tahap pembiasaan, pengembanagan ataupun pemebelajaran. Sampel penelitian yang dipilih adalah SMPN 17 Mataram, SMPN 7 Mataram, SMPN 2 Mataram, dari 66 sekolah yang terdapat di kota Mataram. Selain itu, Jenis penelitian yang dipilih adalah kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi GLS tingkat SMP di kota Mataram telah dilaksanakan di keseluruhan sekolah. Hasil penelitian ini juga menunjukan pelaksanaan implementasi GLS dikeseluruhan sekolah dengan indikator kegiatan yang sudah terlaksana dengan baik, seperti implementasi kegiatan 15 menit membaca, kegiatan bertemakan literasi, ataupun, kerjasama dengan pihak eksternal. Pada penelitian ini juga dijabarkan permasalaahn implementasi GLS di kota Mataram.

 

Kata Kunci: Implementasi, GLS, Literasi, Sekolah, Pelaksanaan.

 

Abstract

This study aims to determine the implementation and implementation of the school literacy movement (GLS) at the junior high school (SMP) level in the city of Mataram. Both implementation at the stage of habituation, development or learning. The research sample selected was SMPN 17 Mataram, SMPN 7 Mataram, SMPN 2 Mataram, from 66 schools in the city of Mataram. In addition, the type of research selected is descriptive qualitative, with data collection methods through interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that the implementation of GLS at the junior high school level in the city of Mataram has been carried out in all schools. The results of this study also show the implementation of GLS implementation throughout the school with indicators of activities that have been carried out well, such as the implementation of 15-minute reading activities, literacy-themed activities, or collaboration with external parties. This study also describes the problems of implementing GLS in the city of Mataram.

 

Keywords: Implementation, GLS, Literacy, School, Implementation.


Keywords


Implementation, GLS, Literacy, School, Implementation.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65-77.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman,

Auld, E., & Morris, P. (2019). Science by Streetlight and the OECD’s Measure of Global Competence: A New Yardstick for Internationalisation?. Policy Futures in Education, 17(6), 677-698.

Bernardo, A. B. (2021). Socioeconomic Status Moderates the Relationship between Growth Mindset and Learning in Mathematics and Science: Evidence from PISA 2018 Philippine data. International Journal of School & Educational Psychology, 9(2), 208-222.

Creswell, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif. Kuantitatif, dan Mixed.

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.

Govorova, E., Benítez, I., & Muñiz, J. (2020). Predicting Student Well-Being: Network Analysis based on PISA 2018. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(11), 4014.

Lezhnina, O., & Kismihók, G. (2022). Combining Statistical and Machine Learning Methods to Explore German Students’ Attitudes towards ICT in PISA. International Journal of Research & Method in Education, 45(2), 180-199.

Muhammad, H. (2017, August). Pendidikan Ekonomi Informal dan Literasi Keuangan. In Prosiding Seminar Nasional" Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset" (pp. 677-680). Badan Penerbit UNM.

Nortvedt, G. A. (2018). Policy Impact of PISA on Mathematics Education: The Case of Norway. European Journal of Psychology of Education, 33(3), 427-444.

Prabawati, S. (2019). Pengaruh Efikasi Diri, Pendidikan Kewirausahaan, Literasi Keuangan, dan Literasi Digital terhadap perilaku Berwirausaha Siswa SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1).

Prakoso, B., Widana, I. D. K. K., & Subiyanto, A. (2021). Pendidikan dan Literasi Bencana Dalam Kerangka Tri Sentra Pendidikan untuk Generasi Tangguh Bencana. Jurnal Manajemen Bencana (JMB), 7(1).

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 14-28.

Sullivan, K., McConney, A., & Perry, L. B. (2018). A Comparison of Rural Educational Disadvantage in Australia, Canada, and New Zealand using OECD’s PISA. Sage Open, 8(4), 2158244018805791.

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(02), 154-163.

Taranto, D., & Buchanan, M. T. (2020). Sustaining lifelong Learning: A Self-Regulated Learning (SRL) Approach. Discourse and Communication for Sustainable Education, 11(1), 5-15.

Trinidad, J. E. (2020). Material Resources, School Climate, and Achievement Variations in the Philippines: Insights from PISA 2018. International Journal of Educational Development, 75, 102174.

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-244.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342.




DOI: https://doi.org/10.37950/ijd.v4i3.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View my State

 

International Journal of Demos (IJD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.