The Use of Learning Media in Islamic Religious Education Learning to Grow Students' Interest in Learning

Yuliharti Yuliharti

Abstract


Abstract

Islamic Religious Education known as PAI is one of the compulsory subjects taught in schools. However, PAI is less desirable and is considered boring by most students. To achieve the goals of Islamic religious education, in the learning process, teachers can use learning media to make it easier to teach the subject matter, and students more easily understand the lesson, therefore this study has the aim of how the use of learning media in Islamic religious education subjects can increase interest in learning student. This study uses a qualitative approach with descriptive analysis of research results. From the research, it was found that teachers who have competence, if they can choose the right methods and media in PAI learning with their characteristics, will be able to present learning in a solid formula. Learning will be fun for students to internalize religious values in PAI learning materials. Indirectly it can also motivate students to develop themselves and find beautiful pearls in Islamic religious education materials to shape their morals and character.

Keywords: Learning Media, Islamic Religious Education, Religious Values.

 

Abstrak

Pendidikan Agama Islam yang dikenal dengan PAI merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di sekolah. Namun, PAI kurang diminati dan dianggap membosankan oleh sebagian besar siswa. Untuk mencapai tujuan pendidikan agama Islam, dalam proses pembelajaran guru dapat menggunakan media pembelajaran agar lebih mudah dalam mengajarkan materi pelajaran, dan siswa lebih mudah memahami pelajaran, oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan bagaimana pemanfaatan media pembelajaran. dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif hasil penelitian. Dari penelitian ditemukan bahwa guru yang memiliki kompetensi, jika dapat memilih metode dan media yang tepat dalam pembelajaran PAI dengan karakteristiknya, akan mampu menyajikan pembelajaran dalam formula yang solid. Pembelajaran akan menyenangkan bagi siswa untuk menginternalisasikan nilai-nilai agama dalam materi pembelajaran PAI. Secara tidak langsung juga dapat memotivasi siswa untuk mengembangkan diri dan menemukan mutiara yang indah dalam materi pendidikan agama Islam untuk membentuk akhlak dan akhlaknya.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Nilai-nilai Keagamaan.


Keywords


Learning Media, Islamic Religious Education, Religious Values.

Full Text:

PDF

References


Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37-44.

Budiman, A. (2013). Efisiensi Metode dan Media Pembelajaran dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Ta'dib, 8(1).

Hasibuan, N. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 4(1).

Hidayat, T., & Syafe'i, M. (2018). Filsafat Perencanaan Dan Implikasinya Dalam Perencanaan Pembelajaran Pai Di Sekolah. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(2), 188-205.

Hilmi, H. (2017). Efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa arab. Lantanida Journal, 4(2), 128-135.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1-9.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja, Rosdakarya.

Nana Sudjana. (1987). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nazir, M. (1999). Metode penelitian sosial. Jakarta: Bina Aksara.

Nurhidin, E. (2017). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1).

Ramli, M. (2015). Rancangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(2).

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran. Medan: UIN Sumatera Utara.

Sariah, A. A. H. (2012). Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Hubungannya Dengan Minat Belajar Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 2 Halimpu Kabupaten Cirebon (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Setiawan, A. (2019). Merancang media pembelajaran PAI di Sekolah. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 223-240.

Supardan, H. D. (2016). Teori dan praktik pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1).

Suryanto, F. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Praktek Produktif di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2).

Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 222-232.

Wahidin, U. (2017). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.

Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 47-66.




DOI: https://doi.org/10.37950/ijd.v4i3.294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View my State

 

International Journal of Demos (IJD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.