Komunikasi Persuasif Sebagai Metode Promosi di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Darul Hikmah Pasaman Barat

Masnil Masnil, Widi Dewi, Bukhori Bukhori

Abstract


Abstract

 

The purpose of this study was to analyze persuasive communication as a promotion method for the Integrated Islamic Senior High School Darul Hikmah West Pasaman. Collecting data using observation, interviews and documentation. The data analysis technique uses the theory of Miles and Huberman, namely reducing data, presenting data, and concluding data. The results of this study describe the persuasive communication process carried out starting from planning, some persuasive communication techniques used, some obstacles in persuasive communication and how to solve them as well as several factors that facilitate persuasive communication in the promotion of Admission of New Students at the Darul Hikmah Integrated Islamic Senior High School West Pasaman.

 

Keywords: Communication, Persuasion, Planning, Engineering, Barriers.

 

Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis komunikasi persuasive sebagai metode promosi Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Darul Hikmah Pasaman Barat. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menjabarkan proses komunikasi persuasif yang dilakukan dimulai dari perencanaan, beberapa teknik komunikasi persuasif yang digunakan, beberapa hambatan dalam komunikasi persuasif dan bagaimana jalan keluarnya serta beberapa faktor yang memudahkan komunikasi persuasif dalam promosi Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Darul Hikmah Pasaman Barat.

 

Kata Kunci: Komunikasi, Persuasif, Perencanaan, Teknik, Hambatan.


Keywords


Communication, Persuasion, Planning, Engineering, Barriers.

Full Text:

PDF

References


Asri, D. (2019). Peran Komunikasi Persuasif Guru dalam Membina Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar Negeri Lambaro Neujid (Studi Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 4(4).

Christy, N. J., & Oktavianti, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Persuasif Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi COVID-19. Koneksi, 5(1), 187-193.

Costa, R. O. (2022). Pengaruh Komunikasi Persuasif Guru terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Alam Tunas Mulia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4794-4804.

Damayanti, A., Suprihatini, T., & Pradekso, T. (2013). Pengaruh Komunikasi Persuasif Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa. Interaksi Online, 2(2).

Destiliani, S. (2020). Komunikasi Persuasif Terhadap Remaja Penyandang Disabilitas dalam Pembinaan Mental Spiritual di Sekolah Luar Biasa (SLB) Sukarame (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fimala, Y., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran Orang Tua dan Guru dalam Memotivasi Peserta Didik Sekolah Dasar di Masa Pandemi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 44-48.

Hamandia, M. R., & Razzaq, A. (2019). Strategi Komunikasi Persuasif dengan Metode Kisah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 3(2), 175-188.

Karomah, L., & Awza, R. (2016). Strategi Komunikasi Persuasif Pekerja Sosial dalam Pembinaan Remaja Putus Sekolah di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Rumbai (Doctoral dissertation, Riau University).

Mufarrohah, F. (2020). Pengaruh Komunikasi Persuasif dan Kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap Etos Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Pamulangkota Tangerang Selatan (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Muhsin, M. (2016). Strategi Komunikasi Persuasif Guru PAI dalam Meningkatkan Aspek Afektif Siswa Sekolah Dasar di Kota Bandung. I'TIBAR: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(7), 173-187.

Oematan, M., & Banamtuan, M. F. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Memotivasi Guru-Guru di SMTK Benfomeni Kapan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2403-2409.

Prisiska, P., & Furqany, S. (2021). Upaya Membangkitkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Tingkat Anak-Anak pada Masa Covid-19 di Gampong Jeulingke dengan Penerapan Komunikasi Persuasif. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 210-225.

Rahmasari, E. A. (2022). Pengelolaan Media Komunikasi Sekolah dalam Menjalin Hubungan dengan Stakeholders pada RA Al Hikmah. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129-136.

Rahmawati, R., & Purnomo, A. M. (2021). Keterkaitan antara Komunikasi Persuasif dan Kemampuan Pribadi Konselor P2TP2A dalam Layanan Konseling pada Perempuan Korban Kekerasan. Jurnal Komunikatio, 7(2), 109-122.

Saputri, M., & Awza, R. (2016). Komunikasi Persuasif TIM Adiwiyata SDN 6 Pekanbaru dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata (Doctoral dissertation, Riau University).

Simorangkir, N. R., Menanti, A., & Aziz, A. (2014). Kontribusi Komunikasi Persuasif Guru terhadap Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 6(2), 68-76.

Singarimbun, J. (2020). Pengaruh Komunikasi Persuasif Guru terhadap Kesadaran Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 2(2), 63-69.

Suryaningsih, A. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Secara Online pada Pelajaran Animasi 2D melalui Strategi Komunikasi Persuasif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 9-15.

Thasimmim, S. N., Fadhli, K., & Agus, M. (2021). Komunikasi Persuasi dalam Penguatan Literasi Membaca bagi Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Awam, 1(2), 9-15.

Wardani, N. S. (2015). Pengembangan Nilai-Nilai Budaya Sekolah Berkarakter. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 12-22.

Zaenuri, A. (2017). Teknik Komunikasi Persuasif dalam Pengajaran. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 1(1), 41-67.

Zain, N. L. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Nomosleca, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.37950/ijd.v4i3.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View my State

 

International Journal of Demos (IJD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.