Optimizing the Performance of the State Civil Apparatus through Increasing Employee Discipline (Study at the Social Service of Sumedang Regency)

Herijanto Bekti

Abstract


Abstract

Discipline of the State Civil Apparatus or commonly called ASN is an absolute thing that must be done if you want to improve performance. Work discipline is a problem that always occurs in every organization, including the Social Service of Sumedang Regency. One effort to improve the discipline of ASN is to provide employee training in collaboration with institutions or third parties regarding training that is mental and training that improves work skills competence. Therefore, the purpose of this study is to improve the level of employee discipline in order to enhance the efficiency of the state's civil machinery. In this investigation, a qualitative strategy is combined with a descriptive research approach. According to the findings of the study, discipline is of utmost significance in terms of enhancing the performance of the State Civil Apparatus, indicating the necessity of occupational training. In this study, the authors propose 6 scopes of work training that must be carried out by ASN to improve their work discipline, namely employee motivation development training, leadership training, effective communication technique training, self-introduction training and acknowledgment management training.

Keywords: Performance, Discipline, Training, State Civil Apparatus.

 

Abstrak

Disiplin Aparatur Sipil Negara atau biasa disebut ASN merupakan hal mutlak yang harus dilakukan jika ingin meningkatkan kinerja. Disiplin kerja merupakan masalah yang selalu terjadi di setiap organisasi, termasuk Dinas Sosial Kabupaten Sumedang. Salah satu upaya untuk meningkatkan kedisiplinan ASN adalah dengan memberikan pelatihan pegawai bekerja sama dengan lembaga atau pihak ketiga mengenai pelatihan yang bersifat mental dan pelatihan yang meningkatkan kompetensi keterampilan kerja. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan tingkat kedisiplinan pegawai dalam rangka peningkatan efisiensi mesin sipil negara. Dalam penelitian ini, strategi kualitatif dipadukan dengan pendekatan penelitian deskriptif. Menurut temuan penelitian, disiplin sangat penting dalam hal peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara, menunjukkan perlunya pelatihan kerja. Dalam penelitian ini, penulis mengusulkan 6 lingkup pelatihan kerja yang harus dilakukan oleh ASN untuk meningkatkan disiplin kerja, yaitu pelatihan pengembangan motivasi karyawan, pelatihan kepemimpinan, pelatihan teknik komunikasi efektif, pelatihan pengenalan diri dan pelatihan manajemen pengakuan.

Kata Kunci: Kinerja, Disiplin, Diklat, Aparatur Sipil Negara.


Keywords


Performance, Discipline, Training, State Civil Apparatus.

Full Text:

PDF

References


Aditama, P. B., & Widowati, N. (2017). Analisis Kinerja Organisasi Pada Kantor Kecamatan Blora. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 283-295.

Agustina, W., & Bismala, L. (2014). Dampak Pengawasan dan Kepuasan Kerja Dalam Mempengaruhi Disiplin Kerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 14(1).

Arifin, N. (2013). Manajemen Sumberdaya Manusia: Teori Dan Kasus. Unisnu Press.

Gedeona, H. T. (2010). REFORMASI BIROKRASI PEMERINTAHAN MENUJU GOOD GOVERNANCE DALAM PERSPEKTIF ADMINISTRASI PUBLIK. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 7(2), 06.

Government Regulation No. 53 of 2010 concerning Civil Servant Discipline.

Hasibuan, M. S. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Herdin, A. R. P., & Suyitno, I. (2016). Penerapan Peraturan Disiplin PNS Dalam Rangka Peningkatan Kinerja di Kantor Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Jurnal Tomalebbi, (1), 44-51.

Hutahayan, J. F. (2019). Faktor pengaruh kebijakan keterbukaan informasi dan kinerja pelayanan publik: Studi pada pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Deepublish.

Kumorotomo, W. (2008). Pengembangan e-government Untuk Peningkatan Transparansi Pelayanan Publik Studi Kasus UPIK di Pemkot Jogjakarta dan E-Procurement di Pemkot Surabaya. Makalah pada Konferensi Administrasi Negara.

Kusuma, D. M. (2013). Kinerja pegawai negeri sipil (PNS) di kantor badan kepegawaian daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Administrasi Negara, 1(4), 1388-1400.

Law No. 5 of 2014 concerning State Civil Apparatus.

Madiistriyatno, H. (2015). Pengaruh stres kerja, disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap intensi turnover. Jurnal Mix, (1), 54-69.

Makaduro, M. (2014). Penerapan Disiplin dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Pemerintah Kecamatan (suatu Studi di Kantor Kecamatan Mapanget Kota Manado). Jurnal Politico, 3(1).

Maxwell, J. C. (1993). Developing the leader within you. Harper Collins.

Mustafa, I. G. (2017). Studi tentang pemberian insentif dalam meningkatkan kinerja pegawai di sekretariat daerah provinsi kalimantan timur. Jurnal Paradigma (JP), 1(3), 373-388.

Paisa, L., Gosal, R., & Monintja, D. (2019). Etika pemerinthan dalam meningkatkan kinerja aparatur sipil negara. Jurnal Eksekutif, 3(3).

Revida, E., Tanjung, R., Sari, D. P., Simarmata, H. M. P., Purba, D. S., Gandasari, D., ... & Tjiptadi, D. D. (2021). Manajemen Perkantoran. Yayasan Kita Menulis.

Sahangggamu, P. M., & Mandey, S. L. (2015). Pengaruh Pelatihan Kerja, Motivasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Dana Raya. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4).

Saleh, S. (2014). Penegakan Disiplin (Suatu Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai). Jurnal Ad'ministrare, 1(1), 8-19.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Syahputra, M. E., Bahri, S., & Rambe, M. F. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Tarukim Labura. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 110-117.

Tanjung, H. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 15(1).

Utomo, S. D. (2011). Penanganan Pengaduan Masyarakat Mengenai Pelayanan Publik. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 15(3).




DOI: https://doi.org/10.37950/ijd.v4i3.327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View my State

 

International Journal of Demos (IJD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.