Sustainable Beauty: “Waste Down Kindness Up Sociolla” Kolaborasi Sukin dengan Waste4Change dalam Upaya Pengolahan Sampah Kecantikan

Kheria Yulia Ningrum, Naila Ananda Risa

Abstract


Abstract

The beauty industry is a highly developed industrial sector. Not only developing economically and market, but also can even give birth to new industries through beauty enthusiasts which at this time can also develop into beauty influencers. However, behind the beauty in the beauty industry that exists today, there is a dark side that accompanies it, where the beauty industry can cause piles of waste left over from its product packaging. In addition to the mounting piles of garbage, there are other threats in the form of microbead which can damage the environment due to the rest of the product in it. As an effort to manage waste, Sociolla, Sukin and Waste4Change are trying to recycle used beauty product packaging containers through the Waste Down Kindness Up campaign. To examine this matter, research will be carried out using qualitative methods through literature study efforts.

Keywords: Beauty Industry, Beauty Waste, Recycle

 

Abstrak

Saat ini salah satu bidang industri yang berkembang pesat adalah industri kecantikan. Tidak hanya berkembang secara ekonomi dan pasar, tetapi juga bahkan dapat melahirkan industri baru melalui beauty enthusiast yang saat ini juga dapat berkembang menjadi beauty influencer. Namun, dibalik keindahan dalam industri kecantikan yang hadir saat ini terdapat sisi gelap yang menyertai, dimana industri kecantikan dapat menimbulkan tumpukan sampah sisa kemasan produknya. Selain tumpukan sampah yang menggunung terdapat ancaman lain berupa microbead yang dapat merusak lingkungan akibat sisa produk didalamnya. Sebagai upaya pengelolaan sampah Sociolla, Sukin, dan Waste4Change berupaya untuk melakukan recycle wadah bekas kemasan produk kecantikan melalui kampanye Waste Down Kindness Up. Untuk meneliti hal tersebut akan dilakukan penelitian menggunakan metode kualitatif melalui upaya studi literatur.

Kata Kunci: Industri Kecantikan, Limbah Kecantikan, Daur Ulang

Keywords


Beauty Industry, Beauty Waste, Recycle

Full Text:

PDF

References


Agustin, M. (2022). “Waste Down Beauty Up”, Upaya Sociolla Dalam Mengurangi Sampah Industri Kecantikan. BeautyJournal.Id. https://www.soco.id/post/beauty/61dfecf7600c13dfb8ecb2ef/sociolla-waste-down-beauty-up

Anggraeni, S. R., Sari, Q. W., Utami, S. T., & Putriana, N. A. (2022). Pengetahuan dan Kesadaran Pentingnya Produk Eco-Friendly Skincare Bagi Ekosistem Perairan Indonesia. Majalah Farmasetika, 7(1), 65–72. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v7i1.36825

Bagaskhara, P. P. (2023). NARRATIVE REVIEW : DAMPAK OXYBENZONE DALAM SEDIAAN TABIR SURYA TERHADAP PENGGUNA DAN. Blantika : Multidisiplinary Journal, 2(1), 93–99. https://doi.org/https://doi.org/10.57096/blantika.v2i1.17

Dharmawan, D., Putriana, N. A., & Anggraeni, S. R. (2023). Kandungan Total Fenolik dan Nilai Sun Protection Factor Ekstrak Sargassum sp. Jurnal Kelautan Tropis, 26(1), 126–134.

Dharmika, I. (n.d.). PARADIGMA EKOSENTRISME VS ANTROPOSENTRISME DALAM PENGELOLAAN HUTAN. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_194956634550.pdf

Dian, M. (2023). Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Sociolla Terus Berkomitmen Dukung Sustainable Beauty. BeautyJournal.Id. https://journal.sociolla.com/lifestyle/sustainable-beauty-sociolla-di-hari-peduli-sampah-nasional

Djajadiwangsa, Kl. P., & Alversia, Y. (2022). Sustainable Beauty: Pengaruh Eco-Label, Product Attributes, Perceived Consumer Effectiveness (PCE), dan Environmental Awareness terhadap Green Purchase Behavior. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(1), 121–137. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i1.263

Gardesi, A. S. (2022). The Effect of Sustainability in the Beauty Industry to Consumers’ Purchase Intention. Asian Journal of Research in Business and Management, 4(3), 532–540. https://doi.org/10.55057/ajrbm.2022.4.3.46

Grundey, D. (2010). FUNCTIONALITY OF PRODUCT PACKAGING: SURVEYING CONSUMERS’ ATTITUDE TOWARDS SELECTED COSMETIC BRANDS. Economics and Sociology, 3(1), 87–103. https://etalpykla.lituanistika.lt/object/LT-LDB-0001:J.04~2010~1654182799468/

Hartati, A. Y. (2012). GLOBAL ENVIRONMENTAL REGIME : DI TENGAH PERDEBATAN PAHAM ANTROPOSENTRIS VERSUS EKOSENTRIS. 12(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31942/spektrum.v12i2.471

Helmi, H., Nengsing, Y. K., & Suganda, V. A. (2018). Peningkatan kepedulian lingkungan melalui pembinaan penerapan sistem 3R (reduce, reuse, recycle). JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppm.v5i1.16861

Jama, K. B. (2021). KAJIAN EKOFEMINISME DALAM ESTETIKA SASTRA GOET PAKI ATA KARYA YOSEPH NGADUT. Jurnal Lazuardi, 4(1), 34–42. https://doi.org/10.53441/jl.Vol4.Iss1.52

Lolangion, F., Runturambi, M. C., & Kawuwung, J. (2021). Menelaah Antroposentris Dalam Menyikapi Krisis Lingkungan Dari Perspektif Teologi Penciptaan. Tumou Tou, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.51667/tt.v8i1.469

Mahdi, M. I. (2022). Pendapatan Produk Kecantikan di Indonesia Diproyeksi Terus Naik Artikel. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/ragam/detail/pendapatan-produk-kecantikan-di-indonesia-diproyeksi-terus-naik

Shalmont, J. (2020). SUSTAINABLE BEAUTY: KESIAPAN KONSUMEN DI INDONESIA DALAM MENGINTEGRASIKAN KONSEP KEBERLANJUTAN DALAM PENGELOLAAN SAMPAH KEMASAN PLASTIK PRODUK INDUSTRI KECANTIKAN. Law Review, 20(2), 138–168. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19166/lr.v20i2.2591

Prasetyaningrum, N. D. K., Joko, T., & Astorina, N. (2017). KAJIAN TIMBULAN SAMPAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (B3) RUMAH TANGGA DI KELURAHAN SENDANGMULYO KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 5(5), 766–775. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jkm.v5i5.19200

Rosalina, A. D., Yonvitner, Y., & Imran, Z. (2019). Perilaku Pesnorkel terhadap Ekosistem Terumbu Karang (Studi Kasus di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, DKI Jakarta). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 24(4), 327–336. https://doi.org/10.18343/jipi.24.4.327

Scorba, L. M., & Boglea, V. A. (2011). Sustainable cosmetics: a major instrument in protecting the consumer’s interest. Regional and Business Studies, 3(1), 167–176. https://journal.ke.hu/index.php/rbs/article/view/455

Siahaan, V. R. (2020). Politik Lingkungan Indonesia Teori dan Studi Kasus. UKI Press. http://repository.uki.ac.id/1826/7/PolitikLingkunganIndonesia.pdf

Sukarna, R. M. (2021). INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF ANTROPOSENTRISME, ANTROPOGEOGRAFI DAN EKOSENTRISME. HUTAN TROPIKA, 16(1), 84–100. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JHT

Sulaeman, O., Sumadinata, R. W. S., & Yulianti, D. (2021). POLEMIK ANTARA ANTROPOSENTRISME DAN EKOSENTRISME DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT MULLA SADRA. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 19(2), 161. https://doi.org/10.18592/khazanah.v19i2.4914

Utami, D. G., Tahar, S., Marta, R. F., Angreani, N., & Briandana, R. (2022). Telaat Pesan Kampanye #Bijakkelolasampah pada Instagram @Waste4Change Mengenai Program Send Your Waste yang Berdampak Terhadap Sikap Followers Mengelola Sampah Skincare. Journal of Medua and Communication Science, 5(2), 80–97. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcommsci.v5i2.173




DOI: https://doi.org/10.37950/ijd.v5i4.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View my State

 

International Journal of Demos (IJD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.