The Effect of Pentahelix Collaboration on Tourism Development of West Sumbawa Regency

Authors

  • Anas Pattaray Lombok Tourism Polytechnic
  • Nanda Nipri Lombok Tourism Polytechnic

DOI:

https://doi.org/10.37950/ijd.v4i1.207

Keywords:

West Sumbawa, Tour Packages, Partnership

Abstract

Abstract

West Sumbawa Regency is decadent with natural and cultural tourism potential. West Sumbawa has beauty and provides opportunities for the tourism industry. However, this potential has not been managed optimally, so tourism business activities, especially product marketing, have not found the right formula. One of the efforts that need to be made is the partnership and collaboration of tourism stakeholders. This study examines how much influence stakeholder partnerships have on the marketing of tour packages in the West Sumbawa Regency. The primary stakeholder partnership was studied using a descriptive quantitative approach with multiple regression data analysis methods. This study found that the correlation of stakeholders with the marketing of tour packages has a value of 57.2%. Simultaneously, stakeholders influence the marketing of tour packages significantly by 62.1%. Meanwhile, the tourism association variable as a private stakeholder has a high percentage of 46.6% of its influence on tourism package marketing.

Keywords: West Sumbawa, Tour Packages, Partnership.

 

Abstrak

Kabupaten Sumbawa Barat dianugerahi dengan potensi wisata alam dan budaya. Sumbawa Barat memiliki keindahan dan memberikan peluang bagi industri pariwisata. Namun potensi tersebut belum dikelola secara optimal, sehingga kegiatan usaha pariwisata khususnya pemasaran produk belum menemukan formula yang tepat. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah kemitraan dan kolaborasi para pemangku kepentingan pariwisata. Penelitian ini mengkaji seberapa besar pengaruh kemitraan pemangku kepentingan terhadap pemasaran paket wisata di Kabupaten Sumbawa Barat. Kemitraan pemangku kepentingan utama dipelajari dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode analisis data regresi berganda. Penelitian ini menemukan bahwa korelasi stakeholder dengan pemasaran paket wisata memiliki nilai sebesar 57,2%. Secara simultan stakeholder mempengaruhi pemasaran paket wisata secara signifikan sebesar 62,1%. Sedangkan variabel asosiasi pariwisata sebagai private stakeholder memiliki persentase pengaruh yang tinggi sebesar 46,6% terhadap pemasaran paket wisata.

Kata kunci: Sumbawa Barat, Paket Wisata, Kemitraan.

References

Amalyah, R., Hamid, D., & Hakim, L. (2016). Peran Stakeholder Pariwisata Dalam Pengembangan Pulau Samalona Sebagai Destinasi Wisata Bahari. Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 158–163.

Bramana, S. (2018). Peran Stakeholder Dalam Pengembangan Pariwisata Alam di Kabupaten Jombang. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74660

Hayati, R. (2019). Pengertian Teknik Pengumpulan Data, Macam, dan Cara Menulisnya. Retrieved from: https://penelitianilmiah.com/teknik-pengumpulan-data/

Hidayah, N. A., Hutagalung, S. S., Hermawan, D., Ilmu, F., Lampung, U., Februari, D., April, D., Juni, D., & Pringsewu, K. (2019). Analisis Peran Stakeholder Dalam Pengembangan Wisata Talang Air Peninggalan Kolonial Belanda di Kelurahan Pajaresuk Kabupaten Pringsewu Peran stakeholder dibutuhkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan termasuk pembangun. Jurnal Administrasi Publik, 7, 55–71.

LensaNTB.com (2019). Tahun 2019 Kunjungan Wisatawan di KSB Meningkat. Retrieved from: https://lensantb.com/2020/01/tahun-2019-kunjungan-wisatawan-ke-ksb-meningkat

Nursan, M., Wahyudi, J., Syafruddin, A., & Pattaray, A. (2021). Strategi Pengembangan Tenaga Kerja Lokal Dalam Meningkatkan Perekonomian Daerah Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Hexagro, 5(2), 54-64.

Pattaray, A. (2015). Pengembangan Ekowisata Bahari di Kawasan Gili Balu Kabupaten Sumbawa Barat (Doctoral dissertation, Tesis Universitas Udayana Denpasar).

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Santosa & Hermawan, H. (2020). Metodologi Riset Kuantitatif: Riset Bidang Kepariwisataan. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Stanto, M. (1998). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang).

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Wahyuni, R. E. A. E. (2014). Sinergi Kemitraan Antara Pemerintah, Swasta, dan Masyarakat Dalam Pengembangan Wisata Pedesaan Tanjung di Kabupaten Sleman. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, III(1), 69–104.

Waluyo, J. E. (2013). Kemitraan Tiga Stakeholder Utama Pariwisata Masyarakat Lokal Kawasan Ciwidey Kabupaten Bandung. Bandung: Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.

Downloads

Published

2022-04-13

Issue

Section

Articles